Benarkah Membaca Al Qur'an Di Pemakaman Merupakan perbuatan Bid'ah Dholalah?

Salah satu faktor Wahabi menuduh Aswaja sebagai “Penyembah Kubur” adalah perbuatan Aswaja membaca al-Quran di kuburan yang dianggap bid’ah. Tentu hal ini kesalahan dan berlawanan dengan fakta sejarah umat Islam sejak ribuan tahun yang silam. Mereka membaca bahkan mengkhatamkan al-Quran di kuburan.

BERIKUT INI SAYA KUTIPKAN FAKTA SEJARAHNYA:
.-------------------------------

Dalil membaca al-Quran di kuburan diantaranya adalah:
.
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنُ الْعَلاَءِ بْنِ اللَّجْلاَجِ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ قَالَ لِي أَبِي يَا بَنِيَّ إِذَا أَنَا مُتُّ فَأَلْحِدْنِي فَإِذَا وَضَعْتَنِي فِي لَحْدِي فَقُلْ بِسْمِ اللهِ وَعَلَى مِلَّةِ رَسُوْلِ اللهِ ثُمَّ سِنَّ عَلَيَّ الثَّرَى سِنًّا ثُمَّ اقْرَأْ عِنْدَ رَأْسِي بِفَاتِحَةِ الْبَقَرَةِ وَخَاتِمَتِهَا فَإِنِّيْ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ ذَلِكَ (رواه الطبراني في الكبير رقم 15833).
.
“Dari Abdurrahman bin ‘Ala’ dari bapaknya, bahwa: Bapakku berkata kepadaku: Jika aku mati, maka buatkan liang lahat untukku. Setelah engkau masukkan aku ke liang lahat, bacalah: Dengan nama Allah dan atas agama Rasulullah. Kemudian ratakanlah tanah kubur perlahan, lalu bacalah di dekat kepalaku permulaan dan penutup surat al-Baqarah. Sebab aku mendengar Rasulullah bersabda demikian” (HR al-Thabrani dalam al-Kabir No 15833)
.
Al-Hafidz al-Haitsami berkata:
.
وَرِجَالُهُ مُوَثَّقُوْنَ (مجمع الزوائد ومنبع الفوائد للحافظ الهيثمي 3 / 66)
.
“Perawinya dinilai sebagai orang-orang terpercaya” (Majma’ al-Zawaid III/66)
.
Dengan lantang tentu Wahabi akan protes: “Ayat itu khusus dibaca saat pemakaman saja!”. Kita menjawabnya dengan perkataan Ibnu Taimiyah:
.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّهُ وَصَّى أَنْ يُقْرَأَ عِنْدَ دَفْنِهِ بِفَوَاتِحِ الْبَقَرَةِ وَخَوَاتِمِهَا وَالرُّخْصَةُ إمَّا مُطْلَقًا وَإِمَّا حَالَ الدَّفْنِ خَاصَّةً (جامع المسائل لابن تيمية 3 / 132).
.
“Dari Ibnu Umar bahwa beliau berwasiat setelah dimakamkan untuk dibacakan pembukaan surat al-Baqarah dan penutupnya. Dispensasi ini bisa jadi secara mutlak (boleh baca al-Quran di kuburan kapan saja), dan bisa jadi khusus ketika pemakaman saja” (Ibnu Taimiyah, Jami’ al-Masail III/132)
.
Untuk lebih memantabkan bahwa membaca al-Quran di kuburan, bahkan mengkhatamkannya, adalah sejarah fakta ulama Salaf, maka berikut ini data-data yang disampaikan para ahli hadis:
.
- Khataman di Makam Abu al-‘Ala’
.
وَقَالَ السَّلَفِي وَسَمِعْتُ أَبَا الْمَكَارِمِ بِأَبْهَرَ وَكَانَ مِنْ أَفْرَادِ الزَّمَانِ ثِقَةً مَالِكِيَ الْمَذْهَبِ قَالَ لَمَّا تُوُفِّيَ أَبُوْ الْعَلاَءِ اجْتَمَعَ عَلَى قَبْرِهِ ثَمَانُوْنَ شَاعِرًاً وَخُتِمَ فِي أُسْبُوْعٍ وَاحِدٍ عِنْدَ الْقَبْرِ مِائَتَا خَتْمَةٍ (لسان الميزان – ج 1 / ص 85)
.
“as-Salafi berkata: Saya mendengar Abu Makarim di Abhar, ia termasuk individu masa yang terpercaya, bermadzhab Maliki, ia berkata: Ketika Abu al-Ala’ wafat maka 80 penyair berkumpul di makamnya dan mengkhatamkan al-Quran selama sepekan sebanyak 200 kali khataman” (al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Lisan al-Mizan 1/85)
.
- Khataman di Makam Abu Manshur
.
وَقَالَ السَّلَفِي: ذَكَرَ لِي الْمُؤْتَمَنُ فِي ثَانِي جُمْعَةٍ مِنْ وَفَاةِ الشَّيخِ أَبِي مَنْصُوْرٍ: أَنَّ الْيَوْمَ خَتَمُوا عَلَى رَأْسِ قَبْرِهِ مِائَتَيْ وَإِحْدَى وَعِشْرِيْنَ خَتْمَةً. (ذيل طبقات الحنابلة – ج 1 / ص 39)
.
“as-Salafi berkata: al-Mu’taman telah menyampaikan pada saya di Jumat kedua dari wafatnya Abu Manshur, bahwa pada hari itu mereka mengkhatamkan di dekat kuburnya sebanyak 221 kali khataman” (al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam Dzail Thabaqat al-Hanabilah 1/39)
.
- Khataman di Makam Ismail bin Muhammad bin Ismail
.
وَخُتِمَ لَهُ خَتْمَاتٌ كَثِيْرَةٌ بِالصَّالِحِيَّةِ وَالْمَدِيْنَةِ، وَتَرَدَّدَ النَّاسُ إِلَى زِيَارَةِ قَبْرِهِ أَيَّاماً كَثِيْرَةً، لَيْلاً وَنَهَاراً، وَرُئِيَتْ لَهُ مَنَامَاتٌ كَثِيْرَةٌ صَالِحَةٌ. (ذيل طبقات الحنابلة – ج 1 / ص 346)
.
“Dan dikhatamkan untuk Ismail bin Muhammad bin Ismail dengan khataman yang banyak di Shalihiyah dan di kota. Orang-orang bolak balik menziarahi makamnya selema beberapa hari, malam dan siang. Dan ia dimimpikan yang baik nan banyak” (al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam Dzail Thabaqat al-Hanabilah 1/346)
.
- Khataman di Makam Abdul Khaliq bin Isa bin Ahmad
.
وَلَزِمَ النَّاسُ قَبْرَهُ، فَكَانُوْا يَبِيْتُوْنَ عِنْدَهُ كُلَّ لَيْلَةِ أَرْبِعَاءَ، وَيَخْتِمُوْنَ الْخَتْمَاتِ، وَيَخْرُجُ الْمُتَعَيِّشُوْنَ، فَيَبِيْعوْنَ الْفَوَاكِهَ وَالْمَأْكُوْلاَتِ، فَصَارَ ذَلِكَ فُرْجَةً لِلنَّاسِ. وَلَمْ يَزَالُوْا عَلَى ذَلِكَ مُدَّةَ شُهُوْرٍ، حَتَّى دَخَلَ الشِّتَاءُ وَمَنَعَهُمُ الْبَرَدُ. فَيُقَالُ إِنَّهُ: قُرِىءَ عَلَى قَبْرِهِ فِي تِلْكَ الْمُدَّةِ عَشْرَةُ آلاَفِ خَتْمَةٍ. (ذيل طبقات الحنابلة – ج 1 / ص 8)
.
“Orang-orang menetap di makamnya Abdul Khaliq bin Isa bin Ahmad. Mereka menginap setiap ,alam Rabu, mereka mengkhatamkan beberapa kali. Para pencari rezeki keluar maka mereka menjual beberapa makanan. Maka hal itu menjadi kelonggaran bagi orang lain. Mereka selalu berada disana beberapa bulan sampai musim dingin datang menghalangi mereka. Dikatakan bahwa di masa itu mereka mengkhatamkan 10.000 kali khataman” (al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam Dzail Thabaqat al-Hanabilah 1/8)
.
- Khataman di Makam Muhammad bin Muhammad bin Uqbah bin Walid .
.
قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَمَّادِ الْكُوْفِي الْحَافِظُ: كُنْتُ فِي حِجْرِهِ وَحَضَرْتُ جَنَازَتَهُ. وَمَكَثَ النَّاسُ يَنْتَابُوْنَ قَبْرَهُ نَحْوَ السَّنَةِ. وَخُتِمَ عِنْدَهُ خَتْمَاتٌ كَثِيْرَةٌ. وَوُلِدَ سَنَةَ 225 (تاريخ الإسلام للذهبي – ج 5 / ص 345)
.
“Muhammad bin Ahmad bin Hammad al-Kufi al-Hafidz berkata: Saya berada di kamarnya dan menyaksikan janazah Muhammad bin Muhammad. Orang-orang bergiliran ke makamnya sekitar 1 tahun. Dan dikhatamkan beberapa kali. Ia lahir pada 225 H” (al-Hafidz adz-Dzahabi dalam Tarikh al-Islam 5/345)
.
- Khataman di Makam Muhammad bin Ahmad bin Ubaidillah
.
مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ سَعِيْدِ، أَبُوْ عَبْدِ اللهِ اْلأُمَوِي الْقُرْطُبِي بْنُ الْعَطَّارِ الْفَقِيْهُ الْمَالِكِي…وَوُلِدَ سَنَةَ ثَلاَثِيْنَ وَثَلاَثِمِائَةٍ، وَتُوُفِّيَ فِي ذِي اْلحِجَّةِ، وَكَانَ الْجَمْعُ فِي جَنَازَتِهِ عَظِيْماً، وَانْتَابَ قَبْرَهُ طُلَّابُ الْعِلْمِ أَيَّاماً، وَقَرَؤُوْا علَى قَبْرِهِ خَتْمَاتٍ. (تاريخ الإسلام للذهبي – ج 6 / ص 398)
.
“Muhammad bin Ahmad bin Ubaidillah al-Qurthubi bin Aththar al-Maliki. Dilahirkan pada 330 dan wafat pada Dzulhijjah. Orang yang berkumpul sangat banyak. Dan para murid bergantian ke makamnya selama beberapa hari. Mereka mengkhatamkan beberapak kali di makamnya” (al-Hafidz adz-Dzahabi dalam Tarikh al-Islam 6/398)
.
- Khataman di Makam Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Umair
.
تُوُفَّي رَحِمَهُ اللّهُ فِي ثَانِي رَبِيْعِ اْلأًوَّلِ بِبَغْدَادَ، وَكَانَ يَوْمًاً مَشْهُوْداً، وَخُتِمَ عَلَى قَبْرِهِ خَتْمَاتٌ. (تاريخ الإسلام للذهبي – ج 7 / ص 415)
.
“Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Umair wafat di Rabi’ al-Awal di Baghdad. Hari tersebut disaksikan banyak orang. Makamnya dikhatamkan beberapa khataman” (al-Hafidz adz-Dzahabi dalam Tarikh al-Islam 7/415)
.
- Khataman di Makam Fakhruddin
.
تُوُفِّيَ الشَّيْخُ فَخْرُ الدِّيْنِ بِمَنْزِلِ أَخِيْهِ بِالْقُرْبِ مِنَ الْمَدْرَسَةِ الْجَوْهَرِيّةِ … وَتُلِيَتْ عَلَى قَبْرِهِ خَتْمَاتٌ ، وَرُؤِيَتْ لَهُ مَنَامَاتٌ حَسَنَةٌ . (تاريخ الإسلام للذهبي – ج 13 / ص 291)
.
“Syaikh Fakhruddin wafat di rumah saudaranya dekat Madrasah al-Jauhariyah… Dan di makamnya dibacakan beberapa khataman dan mimpi-mimpi yang baik” (al-Hafidz adz-Dzahabi dalam Tarikh al-Islam 13/291)
.
- Khataman Untuk Rasulullah Saw
.
وَقَالَ إِسْحَاقُ الْمَوْلَى: اِقْتَدَيْتُ بِأَبِي الْعَبَّاسِ فَحَجَجْتُ عَنِ النَبِّيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَبْعَ حِجَجٍ، وَخَتَمْتُ عَنْهُ سَبْعَمِائَةِ خَتْمَةٍ. (تاريخ الإسلام للذهبي – ج 5 / ص 79)
.
“Ishaq al-Maula berkata: Saya meniru Abu al-Abbas, maka saya melakukan haji atas nama Rasulullah Saw sebanyak 7 kali, dan saya mengkhatamkan untuk beliau sebanyak 700 kali khataman” (al-Hafidz adz-Dzahabi dalam Tarikh al-Islam 5/79)
.
- Khataman di Makam Muhammad bin Ahmad Bakhtiar bin Ali bin Muhammad
.
وَقَالَ الْحَافِظُ عَبْدُ الْعَظِيْمِ: كَانَ بَقِيَّةَ السَّلَفِ، وَشَيْخَ الْقُضَاةِ وَالشُّهُوْدِ، وَآخِرَ مَنْ حَدَّثَ بِمُسْنَدِ أَحْمَدَ كَامِلاً.. وَتُوُفِّيَ فِي ثاَمِنِ شَعْبَانَ، وَدُفِنَ بِدَارِهِ، وَخُتِمَتْ عِنْدَهُ عِدَّةُ خَتْمَةٍ. (تاريخ الإسلام للذهبي – ج 9 / ص 348)
.
“al-Hafidz Abd al-Adzim berkata: Muhammad bin Ahmad Bakhtiar bin Ali bin Muhammad adalah sisa-sisa orang Salaf. Guru para hakim dan saksi. Orang terakhir yang meriwayatkan Musnad Ahmad secara sempurna. Ia wafat pada 8 Sya’ban, dimakamkan di rumahnya dan dikhatamkan beberapa kali khataman” (al-Hafidz adz-Dzahabi dalam Tarikh al-Islam 9/348)
.
- Khataman di Makam Ibnu al-Khadlibah
.
تُوُفِّىَ ابْنُ الْخَاضِبَةِ فِي ثَانِى رَبِيْعِ اْلاَوَّلِ سَنَةَ تِسْعٍ وَثَمَانِيْنَ وَأَرْبَعِ مِائَةٍ وَكَانَتْ جَنَازَتُهُ مَشْهُوْدَةً وَخُتِمَ عَلَى قَبْرِهِ خَتْمَاتٌ. (تذكرة الحفاظ – ج 4 / ص 1227)
.
“Ibnu al-Khadlibah wafat pada 8 Rabi’ al-Awal tahun 489 H. janazahnya disaksikan dan dikhatamkan beberapa kali di makamnya” (al-Hafidz adz-Dzahabi dalam Tadzkirah al-Huffadz 4/1227)
.
- Khataman di Makam Ibnu Taimiyah
.
وَتَرَدَّدَ شَيْخُنَا اْلاِمَامُ اْلعَلاَّمَةُ بُرْهَانُ الدِّيْنِ الْفَزَّارِي إِلَى قَبْرِهِ فِي اْلاَيَّامِ الثَّلاَثَةِ وَكَذَلِكَ جَمَاعَةٌ مِنْ عُلَمَاءِ الشَّافِعِيَّةِ، وَكَانَ بُرْهَانُ الدِّيْنِ الْفَزَّارِي يَأْتِي رَاكِبًا عَلَى حِمَارِهِ وَعَلَيْهِ اْلجَلاَلَةُ وَالْوَقَارُ رَحِمَهُ اللهُ. وَعُمِلَتْ لَهُ خَتْمَاتٌ كَثِيْرَةٌ وَرُئِيَتْ لَهُ مَنَامَاتٌ صَالِحَةٌ عَجِيْبَةٌ، وَرُثِيَ بِأَشْعَارٍ كَثِيْرَةٍ وَقَصَائِدَ مُطَوَّلَةٍ جِدًّا. (البداية والنهاية – ج 14 / ص 160)
.
“Guru kami Syaikh, Imam Burhanuddin al-Fazzari boleh balik ke makam Ibnu Taimiyah di hari ketiga, begitu pula sekelompok ulama Syafiiyah. Burhanuddin datang menunggangi keledai dengan keagungan. Dibuatkanlah khataman yang banyak untuk Ibnu Taimiyah dan mimpi-mimpi baik yang menakjubkan. Juga dilantunkan syair-syair dan kasidah-kasidah yang sangat panjang” (al-Hafidz Ibnu Katsir dalam al-Bidayah wa an-Nihayah 14/3160)
.
Sekali lagi, jika kita amati bahwa para ahli hadis seperti al-Hafidz Ibnu Hajar, al-Hafidz adz-Dzahabi, al-Hafidz Ibnu Katsir dan al-Hafidz Ibnu al-Jauzi, mereka menulis makam-makam ulama yang dijadikan tempat membaca al-Quran, tanpa menuduh “Penyembah Kubur”, bid’ah dan sebagainya. Mengapa baru kali ini Wahabi menuduh sebagai “Penyembah Kubur”?
.
Wallahu A’lam
.
Semoga ada manfaatnya



Sumber






2 Responses to "Benarkah Membaca Al Qur'an Di Pemakaman Merupakan perbuatan Bid'ah Dholalah?"

Jsm Indomaret said...

Alhamdulillah jadi dapat pencerahan, moga jadi ladang pahala untuk semua. salam kenal ya mas :)

Unknown said...

Aamiin. Iya Mas salam kenal kembali.

Powered by Blogger.