Apa itu Syari'at?

Syari'at :Adalah hukum Islam yaitu Al-qur’an dan Al-Hadits, Ijma dan Qiyas yang merupakan sumber acuan utama dalam semua produk hukum dalam Islam, yang selanjutnya menjadi Madzhab-madzhabilmu Fiqih. Aqidah dan berbagai disiplin ilmu dalam Islam yang dikembangkan oleh para ulama dengan memperhatikan Atsar para shahabat Ijma’ dan Qiyas. Dalam hasanah ilmu keislaman terdapat madzhab fiqih yang mu’tabar (Shohih dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya) oleh para ulama. Sedangkan dalam hasanah ilmu Tuhid (keimanan), juga dikenal dengan ilmu kalam. Ahirnya ummat Islam terpecah menjadi 73 golongan /firqoh dalam konsep keyakinan. Perbedaan ini terdiri dari perbedaan tentang konsep konsep, baik menyangkut keyakinan tentang Allah Subhanahu WaTa'ala, para Malaikat-Malaikat Allah, kitab-kitab Allah, para Nabi-Nabi Allah dan Rosul-Rosul Allah, Hari Qiamat dan Taqdir (.Qodlo+Qodar)

Namun dalam masalah keimanan berbeda dengan Fiqih. Dalam Fiqh masih ada toleransi atas perbedaan selama perbedaan tersebut tetap merujuk pada Al-Qur’an dan Sunnah, dan sudah teruji kebenarannya serta diakui kemu’tabarannya oleh para 'Ulama yang kompeten. Akan tetapi dalam konsep keimanan, dari 73 golongan yang ada, hanya satu golongan yang benar dan menjadi calon yang selamat penghuni surga, yaitu golongan yang konsisten /istiqomah berada dibawah panji Tauhidnya Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam dan Khulafair Rosyidiin, Tabi'in, Tabi'attabi'in dan Imam Madzhab serta 'Ulama-'ulama Madzhabnya (Qoul) yang selanjutnya dikenal dengan AhlusSunnah wal-Jamaah.

Keyakinan dalam ilmu syari'at duduknya ditubuh, disebut ilmu yakin. Yaitu : Yakin benar sesuai apa kata Guru/Mursyid / Pembimbing dan atau pada apa yang tertulis di kitab-kitab termasuk pada Al-Quran dan Hadits, Ijma dan Qiyas jumhur para 'Ulama.

Orang-orang yang duduk di keyakinan ini disebut muslim karena hanya mengikuti perintah dan larangan pada lahirnya saja dari apa yang tersurat atau tertulis baik yang ada dikitab termasuk Al-Qur'an dan As-Sunnah maupun dari apa yang disampaikan oleh Guru / Mursyid / Pembimbing.



Penulis: Ustadz Abdul Qodir Al-Busthomi III
Powered by Blogger.