Kumpulan Beberapa Sholat Sunnah

Sholat THAJJUD



Sholat Tahajjud dilaksanakan pada waktu malam hari, dari selesai melaksanakan sholat fardlu isya sampai terbit fajar, tetapi lebih baik dilaksanakan pada waktu sepertiga malam antara jam 02.00 sampai jam 03.00 shubuh.

Raka'atnya tidak ditentukan, tetapi ada yang meriwayatkan 12 roka'at, 6 roka'at dan paling sedikit 2 roka'at.

Niatnya:

ushollii sunnatat tahajjudi rok'ataini lillaahhi ta'aalaa.

"Aku niat sholat tahajjud dua roka'at karena Allah Ta'ala".

Bacaanya ba'da fatihah:

- Roka'at awal: Surat Al-Baqoroh ayat 284-286.

- Roka'at kedua: Surat Ali-Imron ayat 26-27.

DO'A TAHAJJUD

alloohhumma lakal hamdu angta qoyyuumus samaawaati wal ardli wa mam fiihhinna, wa lakal hamdu angta nuurus samaawaati wal ardli wa mam fiihhinna, wa lakal hamdu angtal haqqu wa wa'dukal haqqu wa liqoo-uka haqquw wa qouluka haqquw wal jannatu haqquw wan naaru haqquw wan nabiyyuuna haqquw wa muhammadung shollalloohhu 'alaihhi wa sallama haqquw was saa'atu haqqu. alloohhumma aslamtu wa bika aamangtu wa 'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu wa bika khooshomtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qodamtu wa maa akhortu wa maa asrortu wa maa a'langtu angtal muqoddimu wa angtal mu-akhkhiru laa ilaahha illa angta wa laa ilaahha ghoiruka wa laa haula wa laa quwwata illa billaahhi robbi adkhilnii mudkhola shidqiw wa akhrijnii mukhroja shidqiw waj'al lii mil ladungka sulthoonan nashiiroo.

"Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagi-Mu segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagi-Mu segala puji, Engkaulah yang haq, janji-Mu benar dan perjumpaan dengan-Mu pun benar pula, firman-Mu adalah benar, surga dan neraka adalah benar, dan para nabi juga adalah benar, serta Nabi Muhammad saw juga benar, dan saat hari kiamat juga benar. Ya Allah, kepada-Mu aku berserah diri, dan kepada-Mu jualah aku beriman. Kepada-Mu aku kembali serta kepada-Mu aku rindu, dan kepada-Mu aku berhukum, maka ampunilah dosaku yang telah aku lakukan sebelumnya maupun yang terdahulu atau yang kemudian, yang kusembunyikan ataupun yang aku nyatakan dengan terang-terangan. Engkau Tuhan yang terdahulu dan yang kemudian. Tiada Tuhan selain Engkau, tak ada daya dan upaya melainkan atas pertolongan-Mu. Ya Allah, ya Tuhanku, masukkanlah aku melalui tempat yang benar, dan keluarkan aku melalui tempat yang benar pula, dan jadikanlah aku di sisi-Mu penguasa yang menolong".

Banyak sekali keutamaan sholat tahajjud, yang di antaranya adalah sebagaimana telah dikatakan oleh Nabi saw:

"Sholat yang paling utama setelah sholat fardlu adalah sholat tahajjud".

Dan bersabda pula Nabi saw:

"Hendaklah kamu sekalian bangun tengah malam untuk melaksanakan Qiyamul Lail (sholat malam), karena sesungguhnya itu adalah pekerjaan orang-orang yang sholih sebelum kamu, dan dapat mendekatkan diri bagimu, mengingkari kepada perbuatan tercela, mencegah perbuatan dosa, dan menghindarkan tubuhmu dari penyakit".
(HR.Jabir bin Ali).

Sabdanya pula:

"Wahai sekalian manusia, ucapkanlah salam, berilah makan orang-orang fakir dan miskin, sambungkanlah silaturahmi, dan sholatlah pada waktu malam ketika manusia tertidur, niscaya kamu masuk surga dengan selamat".

Sabdanya pula:
"Jarak yang paling dekat antara Tuhan dengan seseorang adalah pada akhir malam. Apabila engkau mampu untuk berdzikir pada saat itu, maka lakukanlah".
(HR.Tirmidzi).

Firman Allah Ta'ala:

"Dan ketika malam, bertahajjudlah sebagai Nafilah (tambahan ibadah) untuk kamu, semoga diangkatlah kamu oleh Tuhanmu ke tempat yang terpuji".
(Al-Isro:79).

Sangat baik setelah sholat tahajjud disambung dengan bertawasul kepada:

1) Nabi saw.
2) Syekh Abdul Qodir Al-Jailani.
3) Guru yang memberikan petunjuk jalan (thoriqoh) dalam agama.
4) Orang yang membimbing dalam amaliyah.
5) Orang yang telah memberikan kebaikan pada kita.
6) Orang yang mengurusi kita dalam agama.
7) Kedua orang tua.

Dan sebelum bertawasul membaca:

SALAM RIJALUL GHOIB

assalaamu 'alaikum yaa rijaalal ghoib, assalaamu 'alaikum yaa ayyuhal arwaahul muqoddasah, yaa nuqobaa, yaa nujabaa, yaa ruqobaa, yaa budalaa, yaa awtaadal ardli awtaadun arba'ah, yaa imaamaani, yaa quthbu, yaa fardu, yaa umanaa-u, aghiitsuunii bighoutsatiw wangzhurnii binazhrotiw warhamuunii birohmatiw wahashshiluu muroodii wa maqshuudii wa quumuu 'alaa qodloo-i hawaa-ijii 'ingda nabiyyinaa muhammading shollalloohhu 'alaihhi wa sallam. sallamakumulloohhu ta'aalaa fiddunyaa wal aakhiroh. alloohhumma sholli 'alaa nabiyyil hidlri, alfaatihah.

"Salam kepadamu wahai Rijalul Ghoib. Salam kepadamu wahai ruh-ruh yang suci, wahai Wali Nuqoba, wahai Wali Nujaba, wahai Wali Ruqoba, wahai Wali Budala, wahai Wali Penghulu Bumi di empat penjuru, wahai Wali Imam, wahai, wahai Wali Kutub, wahai Wali Tunggal, wahai Wali Pengaman Dunia, tolonglah kami dengan pertolonganmu, lihatlah kami dengan penglihatanmu, kasihanilah kami, kabulkanlah keinginan kami dan maksud kami atas seizin Nabi Muhammad saw. Selamatkanlah kami Ya Allah, di dunia dan akhirat. Semoga Allah melimpahkan kesejahteraan dan keselamatan kepada Nabi Hidlir a.s. alfatihah".

Dan ketika berniat akan melaksanakan sholat tahajjud setelah bangun tidur membaca:

DO'A BANGUN TIDUR KETIKA AKAN SHOLAT TAHAJJUD

laa ilaahha illalloohhu wahdahhuu laa syariika lahhu, lahhul mulku wa lahhul hamdu yuhyii wa yumiitu wa hhuwa 'alaa kulli syai-ing qodiir. alhamdulillaahh, wa subhaanallooh, wa laa ilaahha illalloohh, walloohhu akbar, wa laa haula wa laa quwwata illa billaahh. alloohhummaghfirlii.

"Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Tunggal, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik Allah segala kerajaan. Bagi Engkaulah segala puji, zat yang menghidupkan dan mematikan, dan Allah Maha Kuasa atas segala perkara. Segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah, Tidak Ada Tuhan Selain Allah, Allah Maha Besar, Tidak ada daya dan upaya kecuali atas pertolongan Allah. Ya Allah, ampunilah dosaku".

SHOLAT ISTIKHOROH



Memohon Berkah Dari Suatu Keputusan Yang Telah Diambil

Waktunya kapan saja dan di mana saja ketika setelah mengambil suatu keputusan dari suatu urusan, tetapi sangat baik dilaksanakan setelah sholat isti'adah pada waktu isroq, dan pada waktu ba'da maghrib, dan dilaksanakan sebanyak 2 roka'at.

Niatnya:

ushollii sunnatal istikhooroti rok'ataini lillaahhi ta'aala.

"Aku niat sholat sunnat istikhoroh dua roka'at karena Allah Ta'ala".

Surat yang dibaca setelah fatihah:

1. Roka'at awal surat al-kafirun.

2. Roka'at kedua surat al-ikhlas.

Atau boleh surat apa saja.

Setelah salam membaca do'a:

alloohhumma innii astakhiiruka b'ilmika wastaqdiruka biqudrotika, wa as-aluka mim fadllikal 'azhiimi, fa-innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta'lamu wa laa a'lamu wa angta 'allamul ghuyuubi wa shollalloohhu 'alaa sayyidinaa muhammadiw wa aalihhii wa ashhaabihhii wa sallama wal hamdu lillaahhi robbil 'aalamiin.

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon petunjuk kepada-Mu dengan pengetahuan-Mu, berilah aku kekuatan dengan kekuatan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu segala karunia-Mu yang sangat luas, karena sesungguhnya Engkau kuasa dan aku tidak punya kekuasan, Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui, dan Engkau mengetahui yang ghoib. Semoga rahmat Allah tercurah kepada Tuanku Muhammad dan keluarganya dan sahabatnya serta keselamata. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam".

Sholat Kifaratul Bauli

Sholat kifaratul Bauli adalah sholat untuk menebus (kifarat) dari kesalahan-kesalahan yang tidak disengaja ketika buang air kecil.

Waktunya dilaksanakan setelah sholat dluha sebanyak 2 roka'at.

Niatnya:

usholli sunnatang kifarotal bauli rok'ataini lillaahhi ta'aalaa.

"Aku niat sholat sunnat kifaratil bauli dua roka'at karena Allah Ta'ala".

Surat yang dibaca ba'da fatihah tiap roka'at ayat Qursi 1x dan Al-Kautsar 7x.



Sholat Birrulwalidaini

Sholat Birrulwalidaini adalah sholat untuk mendo'akan kedua orang tua, baik yang masih hidup ataupun yang telah wafat.

Waktunya kapan saja, tetapi sangat baik dikerjakan antara maghrib dan isya sebanyak 2 roka'at.

Niatnya:

usholli sunnatam birrol walidaini rok'ataini lillaahhi ta'aalaa.

"Aku niat sholat sunnat birrulwalidaini dua roka'at karena Allah Ta'ala".

Surat yang dibaca tiap roka'at ba'da fatihah adalah ayat kursi 1x dan al-ikhlas 7x, atau bisa juga membaca surat al-qodar 1x pada roka'at pertama dan surat an-nasr 1x pada roka'at kedua.

Do'anya setelah salam:

alloohhummaghfirlii dzunuubii waliwalidayya warhamhhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo.

"Ya Allah, ampunilah segala dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka mengasihi aku sejak kecil".

Telah berkata Nabi saw:
"Berbuat baiklah terhadap ibu bapakmu serta saudara-saudaramu, kemudian kepada kerabatmu yang lebih dekat".

Seorang laki-laki bertanya kepada Nabi saw:
"Ya Rosululloh, adakah yang harus dibaktikan kepada ibu-bapakku setelah mereka meninggal?".

Nabi saw menjawab:
"Ya, menyalatkannya, memintakan ampunnya, menunaikan janjinya, memuliakan tamunya, dan menghubungi (silaturahmi) kepada kenalan baik ibu bapaknya".


SHOLAT LIHIFZHIL IMAN

Dilaksanakan antara waktu maghrib dan isya sebanyak 2 roka'at.

Niatnya:

ushollii sunnata lihifzhil iimaani rok'ataini lillaahhi ta'aalaa.

"Aku niat sholat sunnat lihifzhil iman dua roka'at karena Allah Ta'ala".

Surat yang dibaca tiap roka'at ba'da fatihah adalah al-ikhlas 6x dan al-falaq 1x juga an-nas 1x.

Do'anya setelah salam:

alloohhumma innii astaudi'uka iimaanii fii hayaatii wa 'ingda mamaatii wa ba'da mamaatii fahfazhhhu 'alayya innaka 'alaa kulli syai-ing qodiir.

"Ya Allah, sesungguhnya aku serahkan imanku pada-Mu di dalam hidupku dan ketika aku mati serta sesudah aku mati, maka peliharalah imanku itu. Sesungguhnya atas segala perkara Engkau Maha Kuasa".

Telah bersabda Nabi saw:
"Barang siapa yang ingin dipelihara imannya oleh Allah swt, maka hendaklah ia sholat 2 roka'at setelah sholat sunnat maghrib".


Sholat Tasbih


Sholat Tasbih bisa dilakukan kapan saja, siang ataupun malam asalkan tidak pada waktu karohah (dilarang mengerjakan sholat), dan utama dilakukan setelah sholat tahajud, sebanyak 4 rokaat (bisa dilakukan dengan 1 salam ataupun 2 salam), dengan niat:

ushollii sunnatat tasbiihi arba'a roka'aatil (rok'ataini) lillaahhi ta'aalaa.

"Aku niat sholat sunnat tasbih 4 roka'at (atau: 2 roka'at) karena Allah Ta'ala".

Pada tiap-tiap gerakan sholat ba'da fatihah dan surat serta bacaan yang lain dalam tiap gerakan sholat membaca tasbih:

subhaanalloohhi wal hamdulillaahhi wa laa ilaahha illalloohhu walloohhu akbar.

"Maha Suci Allah, dan segala puji itu milik Allah, dan tiada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar".

Tasbih tersebut dibaca ketika:

1) Berdiri setelah fatihah dan surat 15x.

2) Ruku' 10x.

3) I'tidal 10x.

4) Sujud pertama 10x.

5) Duduk di antara 2 sujud 10x.



Sholat Taubat


Sholat Sunnat Taubat adalah sholat yang dilakukan kapan saja dan di mana saja saat ketika seseorang merasa telah melakukan suatu dosa kepada Allah atau kepada sesama manusia, sebanyak 2 rokaat, dengan niat:

ushollii sunnatat taubati rok'ataini lillaahhi ta'aalaa.

(Aku niat sholat taubat karena Allah Ta'ala).

Bacaanya ba'da fatihah dapat membaca surat apa saja sekehendaknya.



Sholat Isroq

Sholat Isroq dilaksanakan setelah matahari terbit satu jengkal dan naiknya kira-kira sepenggalah, atau antara jam 6 s.d. Jam 6.30 pagi, dilaksanakan sebanyak 2, 4, sampai 6 roka'at.

Niatnya:

ushollii sunnatal isyrooqi rok'ataini lillaahhi ta'aalaa

"Aku niat sholat sunmat isroq dua roka'at karena Allah Ta'ala".

Bacaanya ba'da fatihah:

- Roka'at Awal surat Al-Kafirun atau surat An-Nur:35

- Roka'at Kedua surat Al-Ikhlas atau surat An-Nur:36-38.

Ba'da salam membaca do'a:

alhamdulillaahhil ladzii ja'alal yauma 'aafiyataw wa jaa-asy syamsu mim mathla'ihhaa, alloohhummarjuqnii khoiro hhaadzal yaumi wadfa' 'annii syarrohhu, alloohhumma nawwir qolbii binuuri hhidaayatika kamaa nawwartal ardlo binuuri syamsika abadan abadaa, birohmatika yaa arhamar roohimiin.

"Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan hari ini sejahtera, dan telah terbit matahari dari tempatnya. Ya Allah, berikanlah aku kebaikan hari ini, dan jauhkanlah aku dari keburukan hari ini. Ya Allah, terangkanlah hatiku dengan cahaya dan hidayah-Mu, sebagaimana telah Engkau terangi bumi dengan cahaya matahari-Mu terus menerus, dengan rahmat-Mu ya Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang".

0 Response to "Kumpulan Beberapa Sholat Sunnah"

Powered by Blogger.