Pengertian Tajwid (Belajar Tajwid)

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم
بسم الله الرحمن الرحيم

Pengertian Tajwid

Pengertian Tajwid adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengucapkan atau membunyikan huruf-huruf yang terdapat di al-Quran atau bahasa arab pada umumnya. Sebagai muslim diwajibkan untuk mengetahui hukum tajwid secara benar sehingga kita dapat mengucapkan bacaan di Alquran dengan benar.

Dalil hukum penggunaan Tajwid di dalam Al-Quran adalah QS:Al-Muzzammil(73): 4 yang kurang lebih dalam bahasa indonesia adalah : Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan/tartil (bertajwid).
Sekarang anda sudah mengerti tentang pengertian dari tajwid.

Sekarang kita akan belajar ilmu tajwid yang terdiri dari berbagai hal semacam Hukum taawuz dan basmalah, Hukum nun mati dan tanwin, Hukum mim mati, Hukum mim dan nun tasydid, Hukum alif lam ma’rifah, Hukum idghom, Hukum madz, Hukum ro’, Qolqolah, Makhraj khuruf, Sifat khuruf, Waqof (وقف) Tanda-tanda waqof, dan banyak lagi.

Pengertian Tajwid Tajwid menurut bahasa berasal dari kata image yangng berarti bagus atau membaguskan. Dalam ilmu Qiro'ah, tajwid berarti mengeluarkan khuruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya. Jadi ilmu tajwid adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan khuruf-khuruf yang terdapat dalam kitab suci al-Qur’an maupun bukan.

Adapun masalah-masalahyang dikemukakan dalam ilmu ini adalah makharijul khuruf(tempat keluar-masuk khuruf), shifatul khuruf (cara pengucapan khuruf), ahkamul khuruf(hubunganantar kkhuruf), ahkamul maddi wal qosr (panjang dan pendek ucapan), ahkamul waqof wal ibtida’ (memulai dan menghentikan bacaan).

Inilah yang dimaksud dengan membaca Al-Qur’an dengan tartil sebagaimana firmanNya : Bacalah al-Qur’an itu dengan tartil. Sedangkan arti tartil menurut Ibn Katsir adalah membaca dengan perlahan-lahan dan hati-hati karena hal itu akan membantu pemahaman serta perenungan terhadap Al-Qur’an



Penulis: Ustadz Abdul Qodir Al-Busthomi III
Powered by Blogger.